PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK BINA KARYA INSAN TANGERANG SELATAN

  • Aliffia Teja Prasasty Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membangun sumber daya manusia yang kompeten. Salah satu pembelajaran dalam membawa siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan disiplin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Karya Insan Kota Tangerang Selatan, Banten. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Instrumen dalam penelitian, yaitu kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat normalitas dan homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar Matematika; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin dan belajar prestasi belajar Matematika; (3) terdapat yang signifikan antara motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Matematika. Peneliti menganjurkan pembelajaran yang mengarah kepada peningkatan motivasi dan disiplin agar terus di tingkatkan, agar hasil pembelajaran dapat optimal. Nilai-nilai pendidikan karakter pada hakekatnya tidak hanya diberikan dalam mata pelajaran Matematika, namun secara tidak langsung nilai-nilai pendidikan karakter tersebut telah tersirat dalam setiap mata pelajaran. Sebaiknya setiap guru menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam setiap Rencana Proses Pembelajaran dan mengimplementasikannya dalam setiap proses pembelajaran.

Published
Feb 22, 2017
How to Cite
PRASASTY, Aliffia Teja. PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK BINA KARYA INSAN TANGERANG SELATAN. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 65-74, feb. 2017. ISSN 2549-1385. Available at: <http://ojs.ejournal.id/index.php/utility/article/view/96>. Date accessed: 24 oct. 2017.
Section
Articles