PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS X SMK NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR

  • Khafid Ismail Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS peserta didik yang pembelajarannya menggunakan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Nurul Huda Sukaraja yang terdiri dari Sembilan kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak melalui pengundian, dan dan kelas yang terpilih adalah kelas X Akuntansi yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. diperoleh  sebesar 30,885 dan nilai b sebesar 0,387. Tabel distribusi t dicari pada α = 5 dengan derajad kebesaran (df) n-2 atau 19 - 2 = 17. Pengujian satu sisi (signifikansi = 0,05) hasil diperoleh untuk  sebesar 1,734. Kriteria pengujian hipotesis, yaitu H0 diterima jika < , H0 ditolak jika > . Hasil perhitungan uji t yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa  30,885 >  1,734, artinya Ha diterima.Jadi, terdapat pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas X SMK Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.

Published
Feb 22, 2017
How to Cite
ISMAIL, Khafid. PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS X SMK NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 58-64, feb. 2017. ISSN 2549-1385. Available at: <http://ojs.ejournal.id/index.php/utility/article/view/91>. Date accessed: 24 oct. 2017.
Section
Articles