SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN DEMOGRAFI DALAM MEMILIH SEPEDA MOTOR MATIC DI WILAYAH DEPOK

  • Widya Nuriyanti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Setiap perusahaan mencoba melakukan inovasi yang lebih baik terhadap produknya dengan meningkatkan mutu dan kualitas serta harga agar merek yang ditawarkan bisa bertahan dan bersaing dengan merek lain yang merupakan barang sejenis. Pada saat inilah diperlukan strategi pemasaran yang tepat diantaranya untuk menentukan segmentasi pasar. Salah satu dari bentuk segmentasi pasar adalah segmentasi demografi. Segmentasi ini didasarkan pada karakteristik populasi yang diukur dari segi umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan dan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa saja faktor kriteria yang dipertimbangkan oleh konsumen dan pengaruh faktor demografi terhadap pemilihan sepeda motor matic. Dalam penelitian ini memberikan kuesioner kepada 100 orang responden yang telah menggunakan dan dianggap mewakili pengguna sepeda motor matic di wilayah Depok. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik desktiptif dengan metode yang digunakan adalah metode chi kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa segmentasi pasar berdasarkan demografi dari segi usia dan pekerjaan ttidak berpengaruh terhadap pemilihan sepeda motor matic.

Published
Feb 22, 2017
How to Cite
NURIYANTI, Widya. SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN DEMOGRAFI DALAM MEMILIH SEPEDA MOTOR MATIC DI WILAYAH DEPOK. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 48-57, feb. 2017. ISSN 2549-1385. Available at: <http://ojs.ejournal.id/index.php/utility/article/view/84>. Date accessed: 24 oct. 2017.
Section
Articles