Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Jurnal Pengabdian pada Masyarakat  menerima kontribusi berupa karya ilmiah dalam bentuk naskah lengkap berisi tentang laporan dari hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang belum pernah dipublikasikan. Jumlah halaman naskah dibatasi sebanyak-banyaknya 10.000 kata  tidak termasuk daftar pustaka, tabel dan gambar. Apabila naskah lebih dari 10.000 kata akan dikenai biaya tambahan. 
PENYERAHAN NASKAH 
Naskah dikirim via online melalui akun penulis masing-masing. Pembuatan akun di menu Register, upload artikel menggunakan pengolah kata Microsoft Word. Bidang pengabdian mencakup kisaran yang luas meliputi bidang: Keagamaan, Pendidikan, Pertanian, Kesehatan, Keuangan, administrasi, Hukum, Komunikasi, Teknologi. Apabila pengabdian yang dilakukan tidak termasuk hal-hal yang disebutkan di atas bisa ditulis salah satu dari kriteria berikut: Sosial Budaya atau Eksakta. Kriteria tersebut diperlukan untuk memudahkan pemilihan reviewer ataupun editor.
Naskah ditulis dalam bahasa lndonesia atau Inggris baku. Semua naskah akan diedit oleh tim editor yang ditunjuk oleh redaksi. Penggunaan data atau gambar yang pernah dipublikasikan sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis. Cara penulisan nama ilmiah harus memperhatikan kaidah atau peraturan yang berlaku. lstilah dan nama yang berasal dari bahasa Latin yang digunakan dalam naskah harus dalam bentuk italic atau digaris bawah (underline). Demikian juga kosa kata yang berasal dari bahasa asing yang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia hendaknya dicetak miring.
Naskah diketik 1,5 spasi, kertas berukuran A4 putih dengan margin 2.5 dari semua tepi. Gambar, tabel, dan keterangan gambar dipisahkan dari naskah utama. Judul ditulis di tengah halaman. Setiap halaman harus diberi nomor, dan tidak ada catatan kaki (footnote) dalam naskah. 
ORGANISASI NASKAH 
Judul 
Judul ringkas dan jelas,  tidak lebih dari 15 kata. Bagian bawah judul harus tertulis nama penulis , nama instansi, alamat pos penulis, dan minimal satu alamat E-mail, untuk korespondensi. Artikel dalam Bahasa Indonesia disertakan juga terjemahnya dalam Bahasa Inggris. 
Abstrak 
Berisi informasi ringkas alasan dan tujuan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan. Abstrak harus memberikan gambaran global tentang isi dari makalah secara keseluruhan. Abstrak paling banyak terdiri dari 250 kata. Kata kunci (keyword) ditulis di bawah abstrak. Jika naskah berbahasa Indonesia, abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 
Pendahuluan 
Berisi latar belakang mengapa pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan. Jika kegitan tersebut merupakan pengulangan atau modifikasi dari kegitan yang pernah dilakukan hendaknya dijelaskan alasan-alasannya. 
Metode Pelaksanaan 
Memuat khalayak sasaran, lokasi kegiatan, metode yang digunakan, evaluasi kegiatan, materi kegiatan. Bagian ini juga berisi informasi yang lengkap bagi pembaca bila ingin melakukan hal yang sama. Bahan yang digunakan harus dijelaskan asalnya dan kuantitasnya. Cara kerja dan analisa data harus ditulis secara jelas dan ringkas. Modifikasi dan cara kerja yang pernah dipublikasikan cukup menyebut sumbernya dan menjelaskan bagian yang dimodifikasi. Bila menggunakan uji statistik, cukup ditulis metodanya misalnya RCBD atau Faktorial. Bagian ini, dapat digunakan satu jenis metode ataupun kombinasi beberapa jenis metode. Beberapa contoh metode sebagai berikut.
Pendidikan Masyarakat: digunakan untuk kegiatan-kegiatan, seperti a) pelatihan semacam in-house training; b) penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, dan sebagainya.
Konsultasi: digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang di dalamnya persoalan atau kebutuhan dalam masyarakat diselesaikan melalui sinergisme dengan Perguruan Tinggi.
Difusi Ipteks: digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi konsumen.
Pelatihan: digunakan untuk kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan tentang substansi kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk realisasinya, b) pelatihan dalam pengoperasian sistem atau peralatan, c) pembentukan kelompok wirausaha baru, d) penyediaan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat. 
Mediasi: digunakan untuk kegiatan yang di dalamnya pelaksana PPM memposisikan diri sebagai mediator para pihak yang terkait dan bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada dalam masyarakat. 
Simulasi Ipteks: digunakan untuk kegiatan yang karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya. Kegiatan ini ditujukan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak dapat dilakukan secara nyata.
Substitusi Ipteks: Digunakan untuk kegiatan yang menawarkan ipteks baru yang lebih modern dan efisien daripada ipteks lama (Ipteks berupa TTG).
Advokasi: digunakan untuk kegiatan yang berupa pendampingan.
Metode lain yang sesuai.
Hasil dan Pembahasan 
Berisi hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang disajikan dalam bentuk tabel atau gambar dengan keterangan. Jika data dianalisis dengan uji statistik harus disertakan selang kepercayaannya misalnya dengan p = 0.05, p = 0.01, dan sebagainya.  
Pembahasan bukan penulisan ulang dari hasil. Pembahasan harus berisi pernyataan ringkas dan penting dari hasil pengabdian kepada masyarakat tersebut. Pembahasan memuat validitas hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, hubungannya dengan hasil pengabdian yang pernah dipublikasikan (jika ada).  
Simpulan 
Bagian ini memuat kesimpulan dan saran/rekomendasi. 
Referensi 
Pustaka yang diacu harus dipakai dan masuk dalam teks artikel. Pengutipan pustaka/referensi di dalam naskah disesuaikan dengan standar APA (www.apastyle.org).
Daftar referensi ditulis dengan mendahulukan nama keluarga dan diikuti nama diri yang ditulis dengan singkat. Bila nama keluarga tidak diketahui maka kata terakhir dari nama tersebut dianggap nama keluarga, contoh:
Maulana, N. (2015). Penggunaan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi dan Berpikir Kritis Siswa SMA. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 70-76.  
(Maulana, N. dari nama Nanang Maulana). 
Ucapan Terimakasih * 
Boleh dicantumkan atau tidak, ucapan kepada pihak (institusi) yang mendukung terselenggaranya program.