Keterampilan Menganalisis Naskah Drama Siswa Dipengaruhi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP

  • Saraswati Saraswati Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Abstract

Kegiatan mengapresiasi sastra salah satunya adalah menganalisis naskah drama, siswa dituntut kemampuannya dalam menganalisis unsur-unsur yang terdapat dalam naskah drama dan karakteristik hubungan antar unsur tersebut sehingga ditemukan suatu penilaian utuh terhadap drama, melalui pemahaman terhadap naskah drama dapat memperkaya dan memperhalus budi bahasa, mengasah pola pikir kritis, mengembangkan cipta dan rasa pembentukan watak. Untuk lebih meningkatkan keterampilan menganalisis dan kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan menganalisis. Model yang digunakan adalah model group investigation, dan dipadukan dengan kemampuan berpikir kritis untuk meningkatkan daya analisis terhadap naskah yang dianalisis tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Cigeulis tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain perlakuan faktorial 2 X 2. Uji coba instrumen menggunakan point beserial. Uji persyaratan analisis data meliputi uji normalitas data menggunakan uji Chi-Square dan homogenitas menggunakan uji F (Fisher). Hasil uji penelitian adalah thitung > ttabel pada derajat kepercayaan 0.05. Untuk hipotesis pertama thitung = 3,582 dan ttabel = 2,101, hipotesis kedua diperoleh thitung = 2,496 dan ttabel = 2,101, hipotesis ketiga diperoleh thitung = 3,084 dan ttabel = 2,101, hipotesis keempat diperoleh thitung = 2,372 dan ttabel = 2,101.

Published
Apr 27, 2017
How to Cite
SARASWATI, Saraswati. Keterampilan Menganalisis Naskah Drama Siswa Dipengaruhi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 25-37, apr. 2017. ISSN 2528-4290. Available at: <http://ojs.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/89>. Date accessed: 24 oct. 2017.
Section
Articles