MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran menerbitkan artikel hasil penelitian tentang pendidikan yang memberikan kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori, konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pengajaran.

Artikel harus asli dan belum pernah dipublikasikan atau sedang diajukan untuk dipublikasikan dalam jurnal lain. Artikel yang pernah disajikan dalam suatu forum, misalnya seminar, harus disebutkan forumnya.

Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah 15-20 hlm. untuk format 1 kolom dengan spasi 1,5 kertas ukuran A4, font times new roman 12 dengan program window MS Word.

Artikel ditulis dengan ketentuan dan sistematika sebagai berikut: 1) Judul: ditulis dengan singkat dan padat, maksimum 12 kata mengandung kata kunci, dan harus mencerminkan substansi kependidikan yang diuraikan pada batang tubuh artikel. 2) Nama penulis: ditulis di bawah judul, tanpa gelar. Penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan. 3) Instansi dan alamat penulis: ditulis instansi asal penulis, alamat email, yang letaknya di bawah nama penulis. 4) Abstrak: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris disertai judul berbahasa inggris, yang terdiri dari 150 sampai dengan 200 kata dan ditulis dalam satu paragraf spasi 1 yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian. 5) Kata kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri atas beberapa buah kata/istilah. ’Kata kunci’ dan ’Keywords’ ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris. Kata kunci terdiri dari 3 frasa atau kata yang ditulis miring. 6) Batang tubuh: a) PENDAHULUAN: berisi latar belakang, masalah, dan kajian pustaka (tanpa subjudul). b) METODE: berisi pendekatan/cara/metode yang diguna­kan (tanpa subjudul). c) DISKUSI: berisi hasil penelitian dan pembahasan hasil tersebut. d) SIMPULAN: berisi garis besar simpulan penelitian sejalan dengan permasalaan yang dibahas. e) REFERENSI: diusahakan dari sumber primer (jurnal/majalah ilmiah atau laporan penelitian) dan mutakhir/terbaru (Maksimal 10 tahun terakhir). Referensi hanya mencantum­kan sumber yang dirujuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka.

Tabel dan ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta dan foto disajikan dengan ketentuan: 1) foto untuk gambar, peta, harus cukup tajam; 2) ukuran gambar, grafik, tabel, dan sebagainya disesuaikan dengan ukuran kertas; 3) tabel menggunakan garis horisontal, tanpa garis vertikal serta judul tabel di atas tabel dan diketik dari tepi kiri, 4) gambar, grafik, dan foto diberi kotak serta judul berada di atas diketik dari tepi kiri dan diberi nomor urut. 5) Grafik copy langsung dari excel, bukan gambar (.jpg)

Naskah soft file dalam format “doc” dikirim melalui sistem OJS di laman: http://ojs.ejournal. id/index.php/mendidik

Artikel yang sudah dipublikasikan dapat diakses melalui e-journal dengan alamat: http://ojs.ejournal.id/index.php/mendidik/issue/archive

Artikel yang masuk ke meja redaksi diseleksi oleh penyunting ahli atau mitra bestari. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak, dan artikel yang ditolak tidak dikembalikan kecuali diminta oleh penulis.

Jurnal menggunakan standar APA (template). Selengkapnya panduan penulisan silakan klik tautan: (Indonesia) (English)