Efektivitas Program Mentoring Halaqah dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa

  • Ade Hidayat Universitas Mathla'ul Anwar Banten
Keywords: Bimbingan Kelompok, Mentoring Halaqah, Kecerdasan Moral

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan program bimbingan kelompok yang efektif dan feasible untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa. Salah satu pendekatan dalam melakukan bimbingan kelompok adalah dengan menggunakan mentoring halaqah, yaitu pola kegiatan bimbingan kelompok dengan menggunakan tahap-tahap pelaksanaan kegiatan mentoring halaqah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai disain penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Penelitian ini memperlihatkan hasil skor rata-rata kelompok eksperimen yang mengikuti bimbingan kelompok melalui pendekatan mentoring halaqah lebih baik dibandingkan dengan skor rata-rata kelompok kontrol yang tidak mengikuti bimbingan kelompok melalui pendekatan mentoring halaqah, maka kesimpulan yang diperoleh adalah layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan mentoring halaqah lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa. Program bimbingan kelompok dengan pendekatan mentoring halaqah (BKMH) ini direkomendasikan untuk dipertimbangkan sebagai salah satu program dalam melakukan kegiatan bimbingan dan konseling di SMA, khususnya dalam rangka meningkatkan kecerdasan moral siswa.

References

ABKIN (2008), Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Jalur Pendidikan Formal. Bandung: PPB-FIP-UPI.

Albanna, H. (2005). Risalah Pegerakan Ikhwanul Muslimin 1 dan 2. Jakarta: Era Intermedia.

Ali, & Asrori, M. (2008). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Alkandahlawi, M. M. S. (2007). Kitab Ta’lim Muntakhab Ahadits: Firman Allah dan Hadits-Hadits Pilihan Mengenai Sifat-Sifat Mulia Para Sahabat Nabi SAW. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Boeree, G. (2003). Moral Development. (Tnp. Edisi) [online]. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/7900047/Moral-Development [5 September 2011].

Borba, M. (2008), Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Burke, R. J., & McKeen, C. A. (1989). Developing Formal Mentoring Programs in Organizations. Journal of Business Quarterly, 53(3), 76-99.

Coles, R. (2003). The Moral Intelligence of Children: How to Raise a Moral Child. Pennsylvania: Little Brown & Co.

Coles, R. (2003). Children of Crisis. Pennsylvania: Little Brown & Co.

Crain, W. (2007). Teori Perkembangan, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davis, C. (2008) Spiritual Intelligence Definitions. Mindwise Web Site. [Online]. Tersedia: http://64.233.183.104/search?q=cache:- SolUfKW0ngJ:www. mindwise. com.au/spiritual_intelligence. shtml+%22Cynthia+R.+Davis%22 %2B%22 sq%22&hl=tr&gl=tr&ct=clnk&cd=2, [8 Maret 2011].

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2007). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Penerbit UPI.

Emzir. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Furqon. (2009). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. [online]. Tersedia:http://Howardgardner.multiply.com/journal/ite/86/ [10 April 2011].

Gay, B. (1994). What Is Mentoring?. Journal of Education+Training, 36(5), 4-7.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2006). Developing & Managing Your School Guidance and Counseling Program. Alexandria: American Counseling Association.

Hall, C. & Lindzey, G. (1985). Introduction to Theories of Personality. Canada: John Wiley & Sons.Inc.

Hawari, D. (1999). Al Qur’an dan Ilmu Kedokteran Jiwa. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Hurlock, E. (1994). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Husaini, A. (2005). Wajah Peradaban Barat: Dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular-Liberal. Jakarta: Gema Insani Press.

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. (Tersedia dalam bentuk softcopy). Jakarta: Balitbang: Pusat Kurikulum.

Kohlberg, L. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral (alih bahasa oleh John de Santo & Agus Cremers). Yogyakarta: Kanisius.

Latief, K. (2008). Morality and Ethics in Islam. [online]. Tersedia: http://www.islamreligion. com/articles/1943/ [8 Maret 2011].

Lennick, D., & Kiel, F. (2008). Moral Intelligence, Enhancing Business Perfomance and Leadership Success. New Jersey: Pearson Education Inc.

Muro, J. J., & Kottman, T. (1995). Guidance and Counseling in The Elementary And Middle Schools. A Practical Approach. Iowa. Brown & Brechmark.

Mursidin. (2011). Moral Sumber Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasir, M. A. (2008). Ramah Lingkungan dalam Pandangan Hidup Islam. Makalah pada seminar INSIST Jakarta.

Natawidjaja, R. (1987). Pendekatan-pendekatan dalam Bimbingan dan Penyuluhan Kelompok. Bandung: Diponegoro.

Natawidjadja, R. (2009). Konseling Perkembangan. Bandung: Rizqi Press.

Natawidjaja, R., & Surya, M. (1997), Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Nurihsan, J. (2006). Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Nurihsan, J. & Yusuf, S. (2008). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosda Karya.

Rose, C. & Nicholl, M.J. (2002). Accelerated Learning for The 21st Century (alih bahasa oleh Dedi Ahimsa). Bandung: Nuansa.

Santrock, J. (2007). Lifespan Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.

Shaughnessy, J. J., Zechmeister, E. B., & Zechmeister, J. S. (2007). Metodologi Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Vaughan, F. (2002). What is Spiritual Intelligence?. Journal of Humanistic Psychology, 42(2), 16-23.

Winkel & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, S. (2005). Psikologi Perkembangan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah (SLTP dan SLTA). Bandung. Rizqi Press.

Zainu, J. (2000). Pribadi dan Akhlak Rasulullah saw. Solo: Al-Qowam.

Zuriah, N. (2008). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2013-04-10
How to Cite
Hidayat, A. (2013). Efektivitas Program Mentoring Halaqah dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Etika Dan Pekerti, 1(1), 20-35. https://doi.org/10.30653/jep.201311.7
Section
Articles